About

Jumat, 07 November 2014

tingkat organisasi makhluk hidup


Tingkat organisasi makhluk hidup meliputi sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme. Artikel ini memberikan rincian tentang tingkat dan fakta terkait.
Studi tentang berbagai tingkat organisasi benda hidup atau hidup membantu kita memperoleh wawasan kompleksitas struktur dan fungsi mereka. Pemerhati lingkungan mencari informasi dan menemukan cara-cara untuk melestarikan ekosistem yang rapuh melalui pengetahuan tingkat ini. Mari kita mencoba untuk memahami apa yang tingkat organisasi dalam makhluk hidup.
Tingkat Organisasi Makhluk Hidup
Tingkat organisasi makhluk hidup meliputi sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme.

Kehidupan di Bumi

Kehidupan hadir di bumi adalah kompleks dan bervariasi dalam bentuk. Makhluk hidup telah berevolusi dari bentuk bersel tunggal atau uniseluler mereka ke dalam tubuh multiseluler kompleks dan raksasa. Dalam proses pembangunan, sistem tubuh mereka dan mekanisme telah menjadi khusus di alam. Dengan demikian, dalam perjalanan evolusi, tingkat yang berbeda dibentuk. Mari kita memahami lebih lanjut tentang tingkat.
Tingkat Organisasi Makhluk Hidup
Ada dalam semua, lima tingkat organisasi. Tingkat ini secara berurutan adalah sel-sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme.
Sel: Sel dianggap sebagai unit dasar kehidupan. Dengan kata lain, juga dikenal sebagai blok bangunan kehidupan. Sebuah sel terikat oleh membran sel dan memiliki inti yang bertindak sebagai otak dari sel. Sitoplasma yang mengelilingi inti, mengandung organel sel seperti mitokondria, ribosom, vakuola, retikulum endoplasma, kloroplas, peroksisom dan ventrikel. Rata-rata jumlah sel dalam tubuh manusia adalah 100 triliun. Sel diketahui membawa konversi nutrisi menjadi energi, mereproduksi (pembelahan sel) sebagai kebutuhan dan melaksanakan fungsi-fungsi khusus. Pada dasarnya, sel-sel terdiri dari 2 jenis, yaitu prokariotik dan eukariotik. Sel-sel prokariotik dengan ukuran yang lebih kecil dan tidak memiliki bentuk yang lebih sederhana inti dan banyak organel sel lain yang ditemukan dalam sel eukariotik. Sel-sel eukariotik lebih khusus dalam struktur daripada sel prokariotik. Selain itu, mereka lebih besar dalam ukuran (hampir 15 kali) dibandingkan sel-sel prokariotik.
Jaringan: Jaringan adalah kumpulan sel yang melakukan fungsi khusus. Sel yang membentuk jaringan yang tidak perlu harus identik bagaimanapun, harus memiliki asal yang sama. Berbagai jenis jaringan yang bersama-sama membentuk organ adalah saraf, otot, jaringan ikat dan epitel. Jaringan ikat berserat di alam dan mereka terdiri dari sel dipisahkan oleh matriks ekstraseluler. Jaringan otot, jaringan kontraktil aktif tubuh kita yang berguna dalam memproduksi gaya dan gerak. Skeletal, otot jantung dan halus adalah tiga jenis otot. Jaringan saraf membentuk organ seperti otak, sumsum tulang belakang, dll jaringan epitel menutupi permukaan organ tubuh.
Organ: Sebuah organ adalah tingkat berikutnya dalam organisasi makhluk hidup. Ia melakukan fungsi tertentu dengan bantuan jaringan yang berbeda. Organ binatang yang berbeda termasuk paru-paru, otak, hati, dll Akar, batang dan daun, dll berbagai organ tanaman. Organ dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsi yang mereka lakukan. Misalnya, dalam kasus hewan, lidah, telinga, mata, kulit dan hidung adalah organ sensorik. Bunga dan biji adalah organ reproduksi pada tumbuhan. Organ terbentuk dari jaringan yang melayani fungsi umum. Ada dua jenis jaringan yang membentuk organ: jaringan utama dan sporadis. Misalnya, dalam hati, miokardium adalah jaringan utama sementara darah, saraf dan jaringan ikat membentuk yang sporadis.
Organ Sistem :: Sistem organ adalah mekanisme yang kompleks yang melaksanakan fungsi penting tubuh, contoh adalah sistem peredaran darah pada hewan dan sistem vaskular pada tumbuhan. Sistem organ dari suatu organisme saling bergantung, yaitu mereka mengambil satu sama lain membantu untuk melaksanakan berbagai fungsi tubuh. Sebagai contoh, sistem pencernaan yang melakukan proses pencernaan terbentuk dari kelenjar ludah, lambung, kerongkongan, kandung empedu, hati, usus, pankreas, rektum dan anus.
Organisme: antara tingkat yang berbeda, yang satu ini adalah yang tertinggi. Organisme bisa berupa uniseluler atau multiseluler. Organisme yang sangat erat kaitannya dapat dikelompokkan bersama di bawah satu spesies.
Ini adalah dasar, 5 tingkat organisasi makhluk hidup. Namun, Anda dapat melanjutkan dan menambah tingkat lebih seperti populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer. Hal ini diperlukan untuk dicatat bahwa semakin tinggi kita bergerak, menjadi sulit untuk secara jelas menentukan tingkat organisasi, yang berarti mereka tidak jelas didefinisikan sebagai sel, jaringan, organ, dll Sebagai contoh, ekosistem meskipun ditempatkan satu tingkat di atas masyarakat, mantan bukanlah kelompok masyarakat. Didefinisikan secara kasar, itu adalah lingkungan di mana organisme dari populasi yang berbeda hidup bersama dan berkembang. Jadi, sekarang mari kita menggali ke rincian tingkat ini.
Populasi: Ini adalah istilah yang digunakan dalam referensi dengan kelompok organisme yang termasuk ke dalam spesies yang sama. Organisme yang termasuk ke dalam populasi yang sama menjalani kawin silang dan berbagi makanan dan ruang.
Komunitas: Dua atau lebih populasi bersama-sama membentuk sebuah komunitas. Sebuah komunitas ditandai dengan interaksi yang terjadi antara populasi penyusunnya. Ada banyak cara yang berbeda di mana populasi milik spesies yang berbeda berinteraksi satu sama lain. Cara yang berbeda adalah persaingan, parasitisme, predasi, commensalism dan mutualisme.
Ekosistem: Ketika kita bergerak menaiki tangga tingkat organisasi makhluk hidup, komplikasi cenderung meningkat. Misalnya, ekosistem istilah didefinisikan sebagai suatu daerah atau lingkungan di mana masyarakat berkembang dan tumbuh subur. Ekosistem Namun, tidak sama dengan masyarakat. Bahkan, itu adalah entitas yang lebih besar yang menyediakan ruang bagi masyarakat.
Biome: Bioma adalah sebuah entitas yang sangat mirip dengan ekosistem. Definisi bioma dibuat dalam hal kondisi (dan tidak hanya ruang) cocok untuk kelompok masyarakat (tanaman, hewan, mikroba, dll). Klasifikasi bioma bumi dilakukan atas dasar kondisi / lingkungan di mana organisme konstituen hidup. Struktur tanaman adalah antara kriteria penting yang digunakan untuk mengklasifikasi bioma. Perbedaan struktural menempatkan tanaman dalam kelompok-kelompok seperti semak, pohon, rumput, dll
Biosfer: Setelah semua deskripsi membingungkan rumit dan sedikit istilah seperti bioma, ekosistem, komunitas, dll, Anda akan menemukan definisi biosfer cukup mudah dipahami. Biosfer adalah hanya tempat, area, zona di mana ada kehidupan di bumi. Hidrosfer, litosfer dan suasana bersama-sama merupakan biosfer.
Tingkat organisasi yang disebutkan dalam artikel di atas hadir sebelum kita struktur sistematis dan fungsi berbagai komponen organisasi ini. Biologis atau tepatnya entitas hidup planet kita merupakan sistem yang jauh lebih kompleks dan canggih untuk dipahami melalui satu artikel. Informasi yang disajikan di atas namun harus, memberikan gambaran kasar tentang tingkat dan komponen yang merupakan biosfer kaya disebut bumi.

0 komentar:

Posting Komentar