About

Selasa, 11 November 2014

Fakta Mengagumkan Tubuh Manusia Part 6

1. Kebanyakan dari manusia di dunia ini memiliki 12 pasang tulang rusuk. Namun, ada sekitar 5% dari populasi manusia di dunia yang memiliki satu pasang tulang rusuk tambahan.

2. Lebih dari separuh jumlah tulang manusia terdapat di kaki dan tangan manusia.

3. Tulang terpendek dalam tubuh manusia adalah tulang stirrup yang terdapat di dalam telinga. Tulang ini hanya memiliki panjang 1/8 inci (0,32 cm). Sedangkan tulang terpanjang dan terkuat dalam tubuh kita adalah tulang paha (femur ), yang panjangnya bervariasi untuk setiap masing-masing manusia, yang menghubungkan bagian lutut dan pinggang manusia. Rata-rata panjangnya berkisar 1/4 tinggi dari manusia yang bersangkutan.

4. Sebanyak 99 % kalsium tubuh manusia terdapat di tulang dan gigi.

5. Tengkorak manusia terdiri dari 22 potong tulang, dengan 8 potong tulang membentuk kubah wadah dan melindungi otak manusia.

6.  Wajah manusia tersusun dari 14 potong tulang.

7. Terdapat 54 tulang pada seluruh pergelangan, tangan, dan jari manusia. Sedangkan pada kedua kaki, pergelangan kaki, dan jari kaki manusia hanya terdapat 52 tulang saja.

8. Tulang manusia 5 kali lebih kuat dari batangan baja dengan bobot yang sama.

9. Leher manusia dan leher jerapah memiliki jumlah tulang belakang (vertebrata ) yang sama.

10. Pada anak gadis, pubertas berlangsung antara usia 9 tahun – 13 tahun, dan pada anak laki-laki pubertas dimulai lebih lambat, yaitu antara usia 10 tahun – 14 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar