About

Selasa, 11 November 2014

Fakta Mengagumkan Tubuh Manusia Part 3

1. Pendengaran manusia begitu sensitif, sehingga dapat membedakan 100 sampai 1.000 suara yang berbeda, dalam batas frekuensi bunyi audio (20 Hz sampai dengan 20.000 Hz).

2. Kotoran telinga manusia lebih banyak disekresikan (dikeluarkan) oleh tubuhnya pada saat dia merasakan takut pada suatu hal.

3. Saat terlalu banyak makan dan terjadi kekenyangan, kemampuan pendengaran manusia akan berkurang.

4. Seorang manusia mampu membedakan lebih dari 1500 jenis musik yang didengarnya.

5. Sumsum tulang belakang manusia berhenti tumbuh menebal pada usia sekitar 4 atau 5 tahun, dengan ketebalan maksimum mencapai 2 cm.

6. Pada saat manusia telah dewasa (setelah habis masa pertumbuhannya) panjang sum-sum tulang belakangnya mencapai 43 cm.

7. Sel saraf (neuron ) merupakan sel terpanjang di dalam tubuh manusia yang bertugas membawa pesan. Adapaun saraf terpanjang dalam hal ini adalah saraf skiatik, dengan panjang sekurang-kurangnya 1 meter dalam tubuh manusia. Saraf skiatik menjajar dari tulang belakang manusia, hingga jari besar tiap kaki manusia.

8. Sel saraf (neuron) sebagai pembawa rangsangan elektrik tidak dapat membelah dan menggandakan diri seperti sel lainnya. Jika sel saraf (neuron ) manusia telah mati, maka tidak akan dapat lagi digantikan dengan yang baru.

9. Otak manusia memiliki volume 1.500 cm3 (1,5 liter) berarti berat otak manusia adalah 3 pon (1,5 kg), tapi mengapa manusia tidak merasakan berat di kepala ? Coba bayangkan jika seseorang membawa air seberat 1 liter saja, saat ditenteng ditangannya pastilah dia merasakan gaya berat ditangannya.

10. Otak manusia lebih kompleks dari komputer tercanggih di dunia dan memiliki lebih dari 100.000.000.000 (100 milyar) sel saraf (neuron ), sehingga melebihi jumlah bintang di galaksi bima sakti. Setiap sel saraf terhubung dengan lebih dari 100.000 sel saraf yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar