About

Selasa, 11 November 2014

Fakta Mengagumkan Tubuh Manusia Part 4

1. Kuku jari manusia membutuhkan waktu 6 bulan untuk tumbuh dari dasar tempat wal kemunculannya hingga ke ujung jari manusia.

2. Di kepala manusia terdapat sekitar 100.000 helai rambut, dengan pertumbuhan rata-rata sekitar 3 cm/bulan.

3. Dalam cuaca dingin, otot penegak rambut menarik setiap rambut menjadi tegak, ini membuat udara terperangkap dan menghasilkan peristiwa ”goose bump ” (menegaknya bulu roma)

4.  Pada tubuh manusia terdapat lebih dari 1.000.000 sel kulit mati, dan selalu berganti setiap hari.

5.  Terdapat 5 quart (4,72 liter) darah dalam tubuh orang dewasa yang mengitari organ : hati, paru-paru, pembuluh darah, dan kembali ke hati dalam durasi tempo 60 detik.

6. Menurut Dr. Karl Landsteiner seorang ilmuwan kedokteran asal Austria yang memperoleh penghargaan nobel di bidang fisiologi dan kedokteran pada tahun 1930, terdapat 4 tipe golongan darah manusia, yaitu : O, A, B dan AB. Ada beberapa fakta menarik dari golongan darah manusia, diantaranya :
  • Hampir setengah (50 %) jumlah populasi manusia di dunia bertipe golongan darah O.
  • Tipe golongan darah O dapat menyumbangkan darahnya ke semua tipe golongan darah, tetapi hanya dapat menerima tipe golongan darah O saja, pada saat transfusi darah dilakukan.
  • Tipe yang paling langka adalah golongan darah AB, hanya terdiri dari 4% dari jumlah populasi manusia di dunia.
  • Orang dengan golongan darah AB dapat menerima semua tipe golongan darah yang ada, saat terjadi transfusi darah.
  • Sekitar 46 % populasi manusia di dunia, memiliki golongan darah selain O dan AB, yaitu : golongan darah A dan B.
7. Dalam tubuh manusia, terdapat sekitar 50 triliun – 75 triliun sel dan kurang lebih sekitar setengahnya merupakan sel darah merah.

8. Setiap sel darah merah terdiri dari 250.000.000 molekul besi (Fe) yang mengandung protein biasa disebut dengan metaloprotein. Molekul besi ini sering disebut dalam dunia ilmiah dengan hemoglobin (Hb), yang bertugas membawa oksigen (O2) dari paru-paru ke seluruh tubuh. Satu molekul Hb mampu mengangkut sampai dengan 4 molekul O2. Sehingga, untuk setiap sel darah merah dapat mengirimkan sekitar 1.000.000.000 (1 milyar) molekul O2 keseluruh tubuh manusia.

9. Saat molekul O2 berikatan dengan molekul Hb di dalam sel darah merah, maka hasil ikatan ini akan menghasilkan warna merah pada darah.

10. Kuku manusia mengalami pertumbuhan rata-rata sepanjang 1 mm, dalam durasi waktu 10 hari sampai 15 hari.

0 komentar:

Posting Komentar