About

Selasa, 11 November 2014

Fakta Mengagumkan Tubuh Manusia Part 1

1. Tubuh seorang manusia tersusun atas sejumlah sistem, semua sistem melakukan fungsi kerja tertentu, serta  berhubungan dan berkomunikasi melalui darah dan sistem saraf.

2. Terdapat 9 sistem utama tubuh, dalam tubuh manusia, yaitu : rangka, otot, integumen, pernafasan, pencernaan, uriner, saraf , kardiovaskuler dan limfa.

3. Sistem tubuh manusia terbentuk dari berbagai macam organ-organ yang mengandung berbagai macam jaringan. Suatu jaringan merupakan kumpulan sel-sel yang sama yang melakukan fungsi tertentu.

4. Dalam keadaan normal frekuensi detak jantung manusia lebih kurang sekitar 100.000 detak/hari (24 jam). Sehingga, dalam hal ini dalam keadaan normal didapatkan, bahwa :
  • Frekuensi detak jantung manusia lebih kurang, sekitar 36.500.000 detak/tahun,
  • FFrekuensi detak jantung manusia lebih kurang, sekitar 3.000.000 detak/bulan,
  • Frekuensi detak jantung manusia lebih kurang, sekitar 700.000 detak/minggu,
  • Frekuensi detak jantung manusia lebih kurang, sekitar 4.167 detak/jam,
  • Frekuensi detak jantung manusia lebih kurang, sekitar 69 detak/menit, dan
  • Frekuensi detak jantung manusia lebih kurang, sekitar 1 detak/detik.
5. Untuk mengitari seluruh tubuh manusia, darah manusia harus melakukan perjalanan sejauh 60.000 mil (96.000 km).

6. Mata manusia dapat membedakan hingga 1.000.000 permukaan warna dan dapat menampung lebih banyak informasi objek penglihatan daripada teleskop terbesar yang pernah dikenal manusia.

7. Mata manusia memiliki titik fokus yang bisa berubah-ubah secara otomatis, sehingga jauh lebih canggih dari alat optik apapun yang telah ditemukan oleh para ilmuwan fisika. Selain itu, lensa mata manusia dapat menjadi cembung atau cekung setiap saat dalam mengatur pembentukan bayangan.

8. Dalam keadaan normal gerak reflek mata manusia untuk berkedip terjadi sebanyak 15 kali/menit.

9. Mata manusia yang tidak mengalami rabun jauh dan gangguan kesehatan mata lainnya, dapat mendeteksi nyala lilin pada jarak 1,6 km.

10. Jika oksigen (O2) yang mencapai otot selama manusia olah raga berat atau kerja keras, akan terjadi penimbunan limbah asam laktat, yang menyebabkan otot manusia akan terasa sakit.

0 komentar:

Posting Komentar