About

Sabtu, 08 November 2014

jenis karya seni musik mancanegara di luar asia

A. Jenis Karya Seni Musik Mancanegara di Luar Asia
1. Musik Afrika
    Musik di Afrika merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap kegiatan lapisan masyarakat Afrika ridak terlepas dari musik

 a. Musik Pop dan Afrika
     Musik Afrika merupakan gabungan musik tradisional dengan musik barat, seperti rock dan jazz. Musik yang populer adalah hihlife, yaitu musik dengan perubahan sinkop/pergantian ketukan keras menjadi ritmis lemah.
 b. Alat Musik
   Beberapa contoh alat musik di Afrika.
1. Genderang
2. Biola
3. Periuk
4. Rebung
5. Silifon dan mbira


2. Musik Amerika
    Musik Amerika adalah muisk yang digali dari alam Amerika Sendiri oleh masyarakatnya sendiri. Contoh Jenis Musik dari Amerika adalah Musik Country. Musik Country adalah Jenis musik bertempo cepat/lambat dan bersemangat, serta bertema perjalanan (pengembara) dan kerja keras.

3. Musik Afrika Amerika
    Musik ini diciptakan oleh penduduk asli Afrika yang menjadi budak di amerika. Lagu ini berbentuk doa dan pujian. Berikut ini contoh Musik Afrika-Amerika.

a.Musik Blues
   Musik Blues juga lahir dari etnis Afrika-Amerika di semenanjung Delta Mississippi pada akhir abad XIX, sekitar tahun 1895 dan berlangsung hingga kini.

b.Jazz
   Jazz lahir di Amerika Serikat tahun 1868. Beberapa contoh aliran jazz yang ada di mancanegara sebagai berikut.
1.Ragtime
2.Classic Jazz
3.Hot Jazz
4.Chicago Style
5.Kansas Style

4. Musik Amerika Latin
    Musik pop latin dimulai sejak dansa latin dikenal, yaitu sejak tahun 1920-an. Musik ini terutama sebagai musik lantai dansa yang pada waktu itu menjadi populer sekali dan digemari oleh masyarak yang ada di seluruh dunia.

5. Musik Modern
a. Musik Pop
    Musik pop adalah musik yang populer pada waktu tertentu dan digemari banyak orang, terutama di kalangan anak muda. Musik pop dapat dibagi menjadi beberapa aliran sebagai berikut.
1.Pop asli
2.Pop ballads
3.Pop gospel
4.Pop jazz

b. Musik Rock
    Sejarah musik rock memiliki asal yang beragam. Di awal tahun 1950-an orang berdebat mengenai akar dari musik rock dan roll ini.

c. Rock and roll
    Rock and roll adalah genre musik yang berkembang di AS dan mencapai puncak kepopulerannya di sana. Ciri khas Rock and roll adalh pada ketukan yang biasanya dipadu dengan lirik.

d. Musik Pop Belanda
    Dalam musik Pop belanda, kita melihat berbagai aliran, misalnya musik pop berbahasa belanda. Aliran musik ini diprakarsai oleh kelompok pemusik belanda yang terkenal sejak tahun 1980, yaitu Doe Maar.
B. Nilai-nilai Musikal dalam musik Modern
     Musik Modern adalah musik yang mengedepankan kebebasan yang melepaskan aturan/ikatan yang membelenggu seperti, musik klasik. Dalam musik Modern, para komponis/pengubah lagu banyak bereksperimen dan berkompetisi sehingga menemukan hal-hal baru yang unik. Hal ini seiring/selaras dengan perkembangan teknologi yang mendukung penggunaan peralatan musik.

0 komentar:

Posting Komentar